//
you're reading...
Budaya, Sejarah, dan Filsafat (Materi dan Tugas Kuliah)

Apa Itu Filsafat?

Sebelum kita membahas apa pengertian filsafat, terlebih dahulu kita akan berbicara mengenai tiga masalah dasar yang hendak dijawab oleh filsafat, yakni (1) apa itu? (2) dari mana ia? (3) bagaimana akhirnya?[1] Sehingga dari tiga masalah dasar filsafat ini, dapat lebih memudahkan kita untuk menentukan pengertian dari filsafat.

1. Apa itu?

Contoh: Apa itu buku? Buku adalah media membaca dari kertas yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Mungkin jawaban ini belum memuaskan karena masih bersifat materi, sedangkan filsafat  berkaitan  dengan yang abstrak. Ilmu pengetahuan adalah hal yang abstrak. Inilah arti buku bagi filsafat.

2. Dari mana ia?

Contoh: Dari mana asal buku? Dari kertas. Dari mana asal kertas? Dari pohon yang menghasilkan bahan untuk pembuatan kertas. Dari mana asal pohon itu? Dari biji. Begitulah seterusnya hingga jawaban yang paling mendasar, yakni bagi orang beragama disebut Tuhan. Jadi, Tuhan-lah yang menjadi asal dari semua asal, dasar dari segala dasar.

3. Bagaimana akhirnya?

Contoh: Bagaimana akhir dari buku itu? Lama-lama ia akan usang. Lalu dibuang, kalau sudah tidak dimanfaatkan lagi, ia akan menjadi tanah. Bagaimana akhir dari tanah itu? Begitulah seterusnya hingga, menurut orang beragama, ia akan hancur bersama dengan kiamat alam.

Dari tiga masalah dasar yang hendak dijawab filsafat inilah yang nantinya mendorong kita untuk berpikir (1) secara mendalam (2) berdasarkan logika yang sistematis untuk mengetahui dasar dari segala dasar guna membawa kita pada pemahaman dan tindakan.[2]

1. Berpikir secara mendalam

Contoh: kemarin di masjid dekat rumah saya diadakan rapat persiapan pesantren kilat dan kebetulan saya menjadi salah satu panitia disana. Sempat terjadi adu argumen diantara peserta rapat perihal apakah santri diperbolehkan pulang atau tidak saat jeda 2 jam selesai kultum shalat subuh. Hal ini terus berlanjut sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk meminta alasan-alasan dari kedua pihak kenapa menetujui atau tidak menyetujui jika santri pulang. Dengan  sangat hati-hati saya menganalisa alasan-alasan yang  tidak menyetujui jika santri pulang. Dan dengan sikap yang sama pula saya menganalisa alasan-alasan yang menyetujui kepulangan santri. Akhirnya, setelah melakukan analisa yang mendalam, kawan-kawan sepakat bahwa tidak tepat bila santri diijinkan pulang setelah kultum shalat subuh.

2. Berpikir berdasarkan logika yang sistematis (untuk pembahasan lebih rinci mengenai jenis dan contoh logika, kita akan membicarakannya di artikel selanjutnya)

Contoh: Semua manusia di dunia ini pasti mati. Sokrates termasuk golongan manusia. Jadi, Sokrates pasti mati.[3] Atau, semua warga negara Indonesia (WNI) mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pendidikan yang layak. Saya (yang berasal dari keluarga miskin) adalah WNI. Jadi, saya mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pendidikan yang layak.

Dengan demikian, intisari filsafat, yakni berpikir secara mendalam dan  berdasarkan logika yang sistematis untuk mengetahui dasar dari segala dasar, diharapkan dapat sedikit membantu kita dalam mendefinisikan filsafat, walaupun definisi tersebut tidak banyak membantu guna mengetahui hakikat filsafat. Karena sebenarnya para filsuf hingga saat ini juga  masih berdebat tentang pertanyaan, “apa itu filsafat?”

22 Agustus 2011


[1] Harun Nasution, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran Prof. Dr. Harun Nasution, Jakarta: Mizan, 1996, hal. 354-355

[2] Louis O. Kattsoff, Pengantar Filsafat, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2004, hal. 3-7

[3] Tan Malaka, Madilog, Jakarta: Widjaya, 1951, hal. 146

Advertisements

About emberilmu

Only a fan of all 'left' things. . . . . .

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: