//
you're reading...
Budaya, Sejarah, dan Filsafat (Materi dan Tugas Kuliah)

Boleh Jadi Saya Tak Salah

Seorang istri penjudi yang telah putus asa memperingatkan suaminya dari kebiasaan berspekulasi buta, diam-diam belajar main kartu kepada seorang kenalannya.

Sewaktu sang suami pulang dari berjudi dan mendapati istrinya asyik bermain kartu bersama tetangganya, ia langsung naik pitam dan berkata:

“He, perempuan jadah! Berbakat juga engkau sebagai penjudi! Kalau engkau teruskan perbuatanmu, akan kuhancurkan seluruh isi rumah ini!”

“Sabar dulu, Kang! Sudah berapa tahun saya memperingatkanmu supaya engkau berhenti bermain judi. Tetapi seujung rambut pun tidak pernah engkau indahkan. Hingga akhirnya membuat saya ragu. Boleh jadi saya yang salah dan engkau yang benar. Tetapi setelah mencoba untuk mengikuti langkahmu, kini engkau berubah pendirian dengan mengancamku. Lalu kebenaran mana yang mesti saya ikuti, Kang?” jawab istrinya.

Langit-Langit Desa: Himpunan Hikmah dari Sekarjalak – Muhammad Zuhri (hal. 35)

About emberilmu

Only a fan of all 'left' things. . . . . .

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Archives

